Spanyol Tumbang Lawan Kecepatan Swedia

Spanyol kalah dari Swedia karena kerepotan meredam serangan balik Blagult. Alexander Isak dan Dejan Kulusevski sangat menyulitkan lini belakang spanyol.

Spanyol tumbang di markas Swedia, Friends Arena, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa pada Jumat 3 September 2021 dini hari.

La Furia Roja sebenarnya mampu unggul cepat lebih dulu di menit ke 4 lewat Carlo Soler. Namun, Swedia kemudian bisa menyamakan kedudukan lewat Alexander Isak semenit berselang.

Tuan rumah kemudian memastikan kemenangan berkat gol Viktor Claesson pada menit ke 57. Ini merupakan kekalahan pertama Spanyol dalam 28 tahun terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Terakhir kali mereka kalah di kualifikasi Piala Dunia adalah Maret 1993 dengan skor 0 – 1 dari Denmark.

Pada laga ini, Spanyol sebenarnya bisa tampil dominan dalam menguasai bola. Mereka mencatatkan ball possesion sebesar 75 persen dibanding 25 persen milik Swedia.

Walau begitu, Swedia mampu tampil efektif mengandalkan serangan balik cepat. Mereka mengoptimalkan kecepatan pemain di lini depan mereka seperi Isak dan Dejan Kulusevski.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique, mengakui bahwa tim aushannya kewalahan dalam membendung kecepatan para pemain Swedia.

Ia berharap Spanyol segera melupakan kekalahn ini dan segera fokus menghadapi laga berikutnya menghadapi Georgia pada 6 September dan Kosovo pada 9 September.

“Saya tidak terkejut dengan bagaimana Swedia bermain. Mereka memiliki pemain depan yang sangat cepat, Kulusevski dan Isak,” ujar Enrique dikutip dari situs resmi UEFA.

“Mereka menciptakan banyak bahaya. Kami harus menerima itu dan harus meningkatkan permainan dalam menghadapi hal tersebut itu. Sekarang kami bergantung pada hasil Swedia dan kami harus memenangkan pertandingan kami,” jelasnya.

Hasil ini lalu membuat Swedia kini memuncaki klasemen dengan raihan sembilan poin dari tiga laga. Sementara, Spanyol di posisi kedua dengan tujuh angka, namun telah memainkan empat laga.

Sebelumnya, Timnas Spanyol menatap laga dengan Swedia dalam lanjutan babak grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020. Kapten La Furia Roja, Sergio Ramos meminta agar rekan – rekannya lebih serius kali ini.

Spanyol menunjukkan laju meyakinkan di babak penyisihan Piala Eropa 2020. Tim besutan Luis Enrique itu memetik tiga kemenangan dari tiga laga yang dilakoni dan menjadi penguasa puncak Klasemen Grup C.

Terdekat, Spanyol melanjutkan langkah dengan menghadapi Swedia, yang mengisi peringkat kedua Grup C. laga itu dijadwalkan berlangsung di Santiago Bernabeu pada Selasa 11 Juni 2019 dini hari.

Ramos berharap pemain timnas Spanyol tak menyepelekan lawan. Sebab, Swedia selalu tampil habis-habisan di laga-laga sebelumnya.

“Saat kalian mengatakan dalam kondisi terbaik maka tunjukkan di atas lapangan,” kata Ramos dalam konferensi pers dan dikutip Marca.

“Kami tak bisa menganggap kalau kami sudah menunjukkan yang terbaik. Kami pernah gagal dalam beberapa pertandingan terakhir. Kami tak bisa santai, karena siapa saja bisa mengalahkan kami,” dia menambahkan.

“Swedia adalah lawan yang serius, sebuah tim yang sangat cepat, kami juga menyadari kedalaman mereka,” ujar bek Real Madrid itu.