PSG dan MC Sulit Untuk Kontrak Messi? Ini Alasannnya.

Messi baru saja meninggalkan Barcelona pada hari Jumat, 6/8/2021 pada dini hari. Kabar tersebut langsung mengaitkan Messi ke beberapa klub raksasa di Eropa yaitu PSG dan MC.

Namun, media asal Spanyol, Marca, menulis kemungkinan kenapa Lionel Messi gagal sulit bergabung dengan dua klub di atas. Jika Manchester City atau PSG ngotot mendatangkan Lionel Messi, mereka berpotensi melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Manchester City baru saja mengeluarkan 100 juta pounds atau sekira Rp1,99 triliun untuk mendatangkan Jack Grealish. Ditambah lagi, Manchester City kabarnya masih memburu tanda tangan penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Benar, Lionel Messi bisa didatangkan secara gratis. Namun, gaji Lionel Messi masuk kategori sensasional. Di Barcelona (setelah dipotong gaji 50 persen), Lionel Messi menerima 61,5 juta pounds atau sekira Rp1,22 triliun per tahun!

Nominal itu pun menempatkan Lionel Messi sebagai pesepakbola dengan gaji tertinggi di dunia. Bagaimana dengan Paris Saint-Germain (PSG)?

Menurut laporan L’Equipe, PSG minus 120 juta euro atau setara Rp2 triliun sepanjang musim lalu. Jika dihitung lebih panjang, PSG saat ini defisit 200 juta euro!

Karena itu, demi mengurangi defisit PSG wajib menjual pemain. Karena itu, Ketika PSG tengah mencoba menyeimbangkan neraca keuangan mereka, agak sulit melihat Les Parisiens -julukan PSG– mengontrak Lionel Messi.

Melihat fakta di atas, paling memungkinkan adalah melihat Lionel Messi bertahan di Barcelona. jurnalis ESPN, Julien Laurens, optimistis Lionel Messi bertahan di Barcelona. Nantinya, otoritas Liga Spanyol (LFP) akan mengubah aturan batasan gaji di Liga Spanyol demi mengizinkan Lionel Messi bermain bersama Barcelona.

“Saya pikir Lionel Messi akan bertahan di Barcelona. Saya menilai masalah Barcelona-Messi-La Liga sedang diselesaikan,” tulis Julien Laurens di akun Twitter-nya, @LaurenJuliens.

Sekadar informasi, ada skema batasan gaji di Liga Spanyol. Total dari 20 klub peserta Liga Spanyol, maksimal hanya diizinkan mengeluarkan uang untuk gaji pemain sebesar 2,33 miliar euro atau sekira Rp39,5 triliun per tahunnya.

Sementara untuk Barcelona sendiri, mereka kebagian jatah 382,7 juta euro atau sekira Rp6,49 triliun. Karena itu, menarik menanti kelanjutan masa depan Lionel Messi selanjutnya. Jadi, akankah Lionel Messi bertahan di Barcelona?

Ternyata, bukan hanya Lionel Messi yang akan terkena efek aturan di atas. Sebanyak empat pemain anyar Barcelona, Sergio Aguero, Memphis Depay, Eric Garcia dan Emerson Royal juga akan menerima hal yang sama.

“Barcelona akan memiliki masalah juga dengan pemain lain yang ingin didaftarkan setelah aturan final La Liga (otoritas Liga Spanyol),” tulis pakar transfer asal Italia, Fabrizio Romano, di akun Instagram-nya.

Sekadar informasi, ada skema batasan gaji di Liga Spanyol. Total dari 20 klub peserta Liga Spanyol, maksimal hanya diizinkan mengeluarkan uang untuk gaji pemain sebesar 2,33 miliar euro atau sekira Rp39,5 triliun per tahunnya.

Sementara untuk Barcelona sendiri, mereka kebagian jatah 382,7 juta euro atau sekira Rp6,49 triliun. Karena beban gaji Barcelona sudah melebihi nominal di atas, mereka tak bisa lagi mendaftarkan pemain-pemain baru.